Widyaiswara BBPP Binuang membekali BUMDES,GAKPOTAN dan UMKM Kabupaten Tanah Laut, Motivasi buat SMKN 1 Tapin Selatan, Inovasi Biotron Emas Hitam Harapan Masa Depan
M. Sidik Widiatmoko Al Wahab, S.Kom | 09 November 2023 | Dibaca 252 kali |

Rantau, koperasitefa1ts.com (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam kesempatannya mengatakan kepada seluruh insan pertanian agar terus menaikkan produksi pangan.

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa yang paling besar peranannya dalam menggenjot produktivitas, meningkatkan kualitas, dan menjamin kontinuitas pertanian adalah SDM. Untuk mempersiapkan generasi penerus pertanian kementan genjot motivasi dan memfasilitasi anak anak muda petani menjadi petani milenial yang berjiwa entrepreneur.

"Jadi, peningkatan produktivitas itu bukan karena pupuk, bukan karena alat mesin pertanian (Alsintan), bukan karena benih. Akan tetapi, ditentukan peningkatan produktivitas pertanian ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian" kata Dedi.

Untuk terus meningkatkan kualitas dan kontinuitas produksi pertanian, maka diselenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Teknologi Tepat Guna Mendukung Pengelolaan Usaha Tani dan Kelembagaan Posluhdes. Sebagaimana pula telah dilakukan pendampingan terhadap siswa dan para guru untuk mempersiapkan program teaching factory (TEFA) menuju sekolah yang berbasis industri dan sebagai sekolah Adiwiyata.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, pada Selasa (7 November 2023) di GOR Desa Sungai Riam, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

Pada kesempatan lain Kepala Sekolah SMKN 1 Tapin Selatan, bapak Edi Suhariyono,SPd, MT, Msi, ”mendorong semua warga SMKN 1 Tapin Selatan untuk betul-betul menindaklanjuti proses pendampingan yang dilakukan oleh Widyaiswara BBPP Binuang, bapak Budiono. Sehingga SMKN 1 Tapin selatan mampu berkompetisi dan berkompeten pada bidangnya, agar alumninya mampu mendapat lapangan kerja, berkesempatan usaha mandiri dan mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh siswa siswa alumni SMK lainnya”,tambahnya. (Budiono/Sidik)

BAGIKAN :