Kompetensi Desain Komunikasi Visual
M. Sidik Widiatmoko Al Wahab, S.Kom | 25 Februari 2024 | Dibaca 316 kali

Apa Itu Desain Komunikasi Visual ?

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Di Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu bisa mengembangkan ide-idemu menjadi karya-karya yang bisa dinikmati secara visual baik itu karya 2D atau 3D dengan output digital. Seiring berkembangnya era digital, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki prospek kerja yang sangat bagus karena kebutuhan digital menjadi salah satu aspek penting bagi sebuah perusahaan.

Apa itu Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV)?

Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan sebuah Kompetensi Keahlian yang merupakan cabang ilmu seni. Perbedaannya adalah kamu akan lebih banyak mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Nantinya, kamu harus mengolah pesan tersebut secara informatif, komunikatif, efektif dan sekreatif mungkin agar pesan yang disampaikan bisa dimengerti banyak orang dengan memperhatikan unsur-unsur visual seperti bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf dan segala hal yang berkaitan dengan visual (penglihatan).

Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) lebih dikenal dengan sebutan Desain Grafis, namun seiring perkembangan, istilah Desain Grafis berubah menjadi DKV. Perbedaan paling mendasar terletak pada medianya, Desain Grafis mengacu pada ruang lingkup grafis 2D (gambar) di media cetak, sedangkan DKV berkembang dan ruang lingkupnya lebih luas lagi dalam bentuk grafis 3D serta grafis bergerak lainnya di media-media digital yang lebih interaktif.

Prospek Kerja

Sebagai seorang lulusan Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu akan memiliki peluang kerja yang sangat luas, terutama di industri kreatif. Prospek kerjanya antara lain agensi periklanan, konsultan branding, perusahaan penerbitan, pengembang web, humas di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan.

Tak hanya itu secara spesifik kamu bisa menempati beberapa posisi pekerjaan seperti, Desainer, Art Director, Creative Director, Graphic Designer, Multimedia Designer, Commercial Artist, Akademisi atau Dosen, Video Editor, Illustrator dan posisi lainnya yang bersinggungan dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV).

Yang lebih menarik kamu juga bisa memanfaatkan keahlian kamu dengan bekerja sebagai freelance atau pekerja lepas sebagai product designer, animator video atau pekerjaan lainnya yang memiliki kebutuhan Desain Komunikasi Visual.

jadi 

Buat kamu yang memiliki tingkat kreativitas tinggi serta suka hal-hal yang berbau seni, kayaknya kamu harus masuk Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)